Rekomendasi 2 Dongeng Sebelum Tidur Yang Mendidik Dan Penuh Makna

Membacakan dongeng sebelum tidur merupakan hal yang paling ditunggu – tunggu anak. Hal itu tentu bukan tanpa alasan. Menceritakan dongeng pada anak sebelum mereka tidur memiliki banyak manfaat. Selain menarik, kisah yang Bunda ceritakan juga memiliki pesan moral untuk Si Kecil.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa membacakan dongeng sebelum tidur bisa membuat anak lebih banyak belajar dibandingkan dengan apa yang dipikirannya. Selain itu, membacakan dogeng sebelum tidur juga merupakan salah satu aktivitas yang akan membangun kedekatan antara Bunda dan Sang Buah Hati.

Karena itu, Bunda bisa mencoba mengajak Si Kecil untuk menceritakan dongeng sebelum tidur. Namun, sebaiknya Bunda membacakan dongeng yang menarik dan lucu agar anak merasa terhanyut dalam ceritanya.

Nah, jika Bunda masih bingung akan membacakan dongeng apa untuk Si Kecil sebelum tidur. Berikut rekomendasi 2 dongeng sebelum tidur yang mendidik dan penuh makna :

  • Dongeng Si Kera Dan Pohon Pisang

Dengan membacakan dongeng Si Kera dan Pohon Pisang ini, maka tanpa disadari Bunda telah mengajarkan anak untuk selalu berbagi dan tidak serakah. Dongeng ini mengisahkan tentang dua sahabat yakni Si Kera dan Si Kura – Kura.

Dikisahkan pada suatu hari, Si Kera dan Si Kura – Kura sepakat untuk menanam pohon pisang. Kemudian, mereka pergi ke pinggir sungai dan disana menemukan sebatang pohon pisang yang hanyut di sungai.

Setelah mendapatkan pohon pisang tersebut, mereka langsung membaginya menjadi dua untuk ditaman di rumah masing – masing. Si Kera mengambil pohon bagian ujung, sementara Si Kura – Kura mendapatkan bagian pangkal pohon.

Selanjutnya seiring berjalannya waktu, pohon pisang yang ditanam Si Kura – Kura sudah tumbuh tinggi dan berbuah lebat. Sedangkan, pohon yang ditanam Si Kera tidak membuahkan hasil apapun.

Ketika Si Kera berkunjung ke rumah Si Kura – Kura untuk melihat pohon pisangnya, Si Kura – Kura kemudian meminta tolong pada Si Kera untuk mengambilkan buah pisangnya. Namun sayangnya, Si Kera yang serakah memakan banyak sekali buah pisang milik Si Kura – Kura sendirian hingga akhirnya sakit perut.

Setelah peristiwa itu, Si Kera merasa sangat bersalah dan meminta maaf pada si Kura – Kura. Meskipun pernah disakiti, namun Si Kura – Kura tetap memaafkan Si Kera dan mereka tetap menjadi sahabat.

Dongeng ini tidak hanya mengajarkan anak untuk selalu berbagi dan tidak serakah saja, namun juga untuk memaafkan. Contohnya, Si Kura – Kura yang memaafkan kesalahan Si Kera.

  • Harimau Berguru Pada Kucing

Dengan membacakan dongeng Harimau Berguru Pada Kucing, maka Bunda telah mengajarkan Si Kecil untuk tidak memaksakan kehendak seseorang.

Dikisahkan di sebuah hutan ada seekor Kucing yang diangkat menjadi guru oleh binatang – binatang penghuni hutan tersebut. Kucing tersebut pandai, bijaksana, dan adil. Harimau dan Singa adalah dua murid Si Kucing yang paling cerdas dan mereka ingin sekali belajar memanjat pohong pada Sang Guru.

Namun, Si Kucing justru memberikan beberapa latihan ilmu lain agar dua murid tercedasnya itu lupa dengan keinginannya belajar memanjat pohon. Lama kelamaan, Si Harimau merasa Si Kucing sudah membohonginya.

Harimau pun marah dan berusaha untuk mengejar Si Kucing dan ingin menerkamnya. Namun berkat kelincahannya, Si Kucing berhasil melarikan diri hingga memanjat pohon dan duduk diatasnya. Setelah melihat kejadian tersebut, Si Harimau sangat tercengang dan menyesal karena ternyata Sang Guru memang tidak berdusta.

Itulah 2 dongeng yang mendidik dan penuh makna untuk pengantar tidur Si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.