Manfaat Cabe untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Cabai Rawit Hijau Pack 250 gr

Cabe merupakan bahan makanan yang biasa ditambahkan ketika sedang mengolah masakan. Sensasi rasa pedas yang dihadirkan oleh cabe memanglah sangat nikmat dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

Namun, dibalik kepopulerannya sebagai bumbu masak, ternyata cabe juga memiliki manfaat untuk kesehatan, loh! Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini akan kami paparkan beberapa manfaatnya!

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat cabe yang pertama adalah bisa membantu dalam menjaga kesehatan organ pengelihatan. Tentu saja maksud dari pemanfaatan di sini adalah dengan cara dikonsumsi, ya!

Cabe memiliki salah satu kandungan zat bernama lutein, yang bisa ditemukan juga di beberapa jenis sayur dan buah. Kandungan lutein yang ada pada cabe ini memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Mengurangi resiko kanker

Selain menjaga kesehatan mata, cabe juga dinilai cukup efektif dalam melakukan pencegahan dan penurunan resiko terjadinya penyakit kanker. Salah satu pemicu terjadinya kanker adalah karena paparan radikal bebas yang berlebihan terhadap tubuh.

Cabe memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, lutein, serta beta-karoten yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mengonsumsi cabe setiap hari bisa menjadi salah satu cara pencegahan dari kerusakan tersebut.

3. Menurunkan berat badan

Cabe memiliki zat yang bernama capsaicim, zat aktif pada cabe yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini diyakini mampu membakar lemak dan energi dalam tubuh dengan lebih cepat.

Oleh karena itu, mengonsumsi cabe ketika sedang melakukan diet merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Namun, bukan berarti kamu harus mengonsumsi cabe dalam jumlah banyak terus menerus.

4. Meringankan rasa sakit

Mengonsumsi cabe bisa merangssang tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin tersebut merupakan hormon yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit alami.

Selain itu, zat capsaicin yang terkandung dalam cabe membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit karena rasa pedas yang diberikan. Saat ini juga tersedia obat oles atau krim dengan kandungan capsaicin yang mampu mengatasi nyeri sendi dan cedera.

5. Menjaga kadar gula darah

Masih berkaitan dengan kandungan capsaicin, mengonsumsi cabe mampu memberikan manfaat dalam mengontrol gula darah. Capsaicin yang terkandung dalam cabe dinilai berpotensi membantu dalam penurunan kadar gula dalam darah.

Capsaicin juga dipercaya memiliki sifat antidiabetik dan cukup diyakini mampu memberi efek postitif apabila dikonsumsi pasien diabetes tipe 1.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Cabe memiliki kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, serta beta-karoten yang mampu menjaga tubuh kita untuk terhindar dari serangan jantung. Vitamin B yang hadir di cabe juga mampu mengurangi kadar homosistein yang mampu merusak pembuluh darah serta meningkatkan resiko stroke.

Oleh karena itu, mengonsumsi cabe bisa menjadi pencegahan penyakit jantung, maupun yang berhubungan dengan aliran darah.

7. Melancarkan pernapasan

Untuk manfaat cabe yang terakhir adalah membantu melancarkan pernapasan. Cabe dipercaya mampu membuat saluran napas menjadi lebih lebar, sangat membantu bagi para penderita asma.

Selain itu, vitamin A yang terdapat pada cabe juga bisa menurunkan resiko radang paru-paru yang terjadi akibat kebiasaan merokok.

Penutup

TaniHub merupakan platform yang menjual berbagai macam kebutuhan bahan makanan ataupun kebutuhan rumah tangga. Termasuk cabe, kalian bisa membeli sayur-sayuran dan buah-buahan yang diambil langsung dari para petani Indonesia di sini.

TaniHub selalu menghadirkan produk yang berkualitas, sehingga tidak akan mengecewakan para konsumennya. Hanya dengan duduk manis di rumah, pesananmu akan sampai ke depan pintu dalam waktu yang tak begitu lama.

Source           : https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-cabe-untuk-kesehatan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *