Cara Membuat Resume dengan Website untuk Membuat CV online

5 Cara Ini Bikin Kamu Semangat Belajar Online Lagi, Coba Yuk! 

Membuat curriculum vitae yang bagus dan menarik memang gampang-gampang susah. Tak sedikit para job seeker terutama para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, membuat CV dengan memasukkan informasi yang tidak diperlukan. Membuat CV juga sekarang sudah sangat mudah menggunakan website untuk membuat CV online. Hal yang kerap terjadi pada pelamar Ketika membuat resume atau curriculum vitae yaitu dengan memasukkan informasi pendidikan mulai dari SD hingga jenjang pendidikan tinggi. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat resume yang menarik para rekruter? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika membuat Resume.

Tips Membuat Curriculum Vitae Secara Online

Membuat resume atau CV saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan website untuk membuat resume Anda secara online. Namun, tentu saja dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya rekruter melirik resume Anda.

  • Jangan Berbohong di CV

CV merupakan salah satu dokumen yang berisikan informasi data diri hingga pengalaman dan skill yang dimiliki oleh seseorang. Mendeskripsikan diri mulai dari skill dan pengalaman secara detail di resume tentu sangat dianjurkan. Namun, tak sedikit orang yang memalsukan data seperti pengalaman hingga jenjang pendidikan pada CV yang dibuat. Menurut data Glints, skill merupakan salah satu data yang sering dipalsukan di CV. Hal ini bertujuan untuk menarik para rekruter. Memalsukan data pada CV sangatlah tidak dianjurkan. Pastikan Anda tidak berbohong di CV dan mengisi curriculum vitae dengan data yang sebenar-benarnya.

  • Mencantumkan Pengalaman yang Sesuai

Dalam membuat CV supaya terlihat lebih menarik dan dilirik oleh rekruter, tak sedikit orang yang memiliki pengalaman baik secara organisasi hingga pekerjaan akan memasukkan seluruh pengalaman yang sudah dilalui. Hal ini justru tidak disarankan. Anda bisa memasukkan pengalaman yang relevan atau yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Lantas, bagaimana jika Anda fresh graduate dan tidak memiliki pengalaman pekerjaan sama sekali? Anda bisa mencantumkan soft skill maupun hard skill yang Anda miliki dan diperoleh selama masa perkuliahan.

  • Manfaatkan Kekuatan “kata” dan Cek Grammar

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membuat curriculum vitae atau resume yaitu dengan menggunakan kata-kata yang mengandung power atau memiliki kekuatan. Hal ini akan membuat rekruter tertarik terhadap diri Anda. Misalnya, Anda menggunakan kata-kata “kreatif” untuk menjelaskan diri Anda. Maka rekruter akan berpikir bahwa diri Anda merupakan orang yang kreatif dan memiliki ide-ide menarik.

Tak hanya itu saja, jika Anda membuat resume menggunakan Bahasa Indonesia, pastikan tidak ada kesalahan ejaan maupun typo. Sama halnya ketika Anda menggunakan Bahasa Inggris. Pastikan tidak ada kesalahan grammar pada resume Anda.

  • Kontak Person yang Aktif atau reference

Tips lainnya yang bisa Anda perhatikan yaitu mencantumkan reference atau kontak person. Reference diperlukan untuk memudahkan rekruter mengetahui lebih lanjut mengenai diri Anda. Pastikan sebelum Anda mencantumkan kontak reference, Anda meminta ijin kepada orang tersebut untuk dicantumkan pada resume. Selain itu, pastikan kontak reference yang Anda cantumkan aktif dan bisa dihubungi. Tips lain ketika mencantumkan referensi kerja yaitu dengan memilih seseorang yang mengenal Anda secara personal dengan baik dan mengetahui perjuangan Anda. Hindari mencantumkan kontak seseorang yang tidak mengenal Anda dengan baik. Adanya referensi akan membuat nilai tambah pada diri Anda ketika akan melamar pekerjaan. Sehingga pastikan Anda mencantumkan kontak person atau referensi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *