6 Makanan Bergizi Ini Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Ketahui 6 Makanan Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil Berikut Ini

Selain memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri, seorang ibu selama menyusui juga perlu memperhatikan nutrisi untuk sang buah hati. Khususnya pada masa 6 bulan dimana si kecil mendapatkan ASI eksklusif dan nutrisi yang berasal dari ASI.

Perlu Anda ketahui bahwa ASI merupakan kombinasi protein, lemak, vitamin, serta karbohidrat yang sempurna. Tidak ada yang lebih baik untuk kesehatan bayi selain pemberian ASI eksklusif. Apa yang ibu makan atau minum nantinya akan disalurkan melalui ASI pada bayi. Jika seorang ibu tidak bisa menjaga nutrisi makanannya, maka tentu terdapat kemungkinan sang buah hati juga akan kekurangan nutrisi tertentu.

Lantas, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui? Berikut dibawah ini rekomendasi 6 makanan bergizi untuk ibu menyusui :

  • Ikan Salmon

Ikan salmon dipercaya bisa membantu menangkal depresi pascapersalinan berkat kandungan vitamin B12 dan juga asam lemak omega-3 didalamnya. Salmon juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI serta membuat ASI lebih bergizi dengan adanya kandungan DHA didalamnya. DHA sangat penting bagi perkembangan sistem saraf bayi. Sebenarnya semua ASI mengandung DHA, namun kadarnya lebih tinggi pada wanita yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA.

Meski begitu para ahli merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi salmon lebih dari 340 gram per minggunya. Alasannya adalah untuk membatasi jumlah kalori didalam salmon. Akan tetapi, kandungan merkuri dalam ikan salmon lebih rendah dibandingkan ikan todak (swordfish) dan makarel.

  • Telur

Telur adalah salah satu sumber protein hewani terbaik untuk ibu menyusui. Tidak hanya itu, telur juga mengandung vitamin B kompleks dan berbagai mineral. Direkomendasikan untuk ibu menyusui konsumsi telur yang diperkaya omega-3, sehingga kandungan DHA dan EPA didalamnya lebih tinggi dari telur pada umumnya.

  • Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran sehat yang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Pasalnya wortel mengandung provitamin A yaitu beta karoten yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makanan bergizi untuk ibu menyusui ini juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI dan memenuhi kebutuhan vitamin A pada ibu menyusui.

  • Bayam

Bayam juga termasuk sayuran sehat yang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Bayam memang menjadi sayur andalan sejak masa kehamilan. Sayuran hijau yang satu ini memilki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui mulai dari zat besi, kalsium, asam folat, hingga berbagai vitamin dan mineral lainnya.

  • Susu Dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt juga termasuk asupan bergizi untuk ibu menyusui. Susu adalah sumber kalsium dan kalium yang merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan bagi perkembangan gigi dan tulang bayi.

  • Aplukat

Alpukat adalah makanan bergizi untuk ibu menyusui yang bisa membantu meningkatkan tenaga. Keluhan umum ibu menyusui adalah bahwa mereka kerap sangat lapar karena permintaan kalori saat menyusui akan meningkat serta memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan dan makan.

Aplukat hampir 80 persen kandungannya berupa lemak sehat yang bisa membantu mempertahankan rasa kenyang. Selain mengandung lemak sehat yang mampu menjaga kesehatan jantung, namun makanan bergizi untuk ibu menyusui ini juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E.

Pada dasarnya, kunci dari makanan bergizi untuk ibu menyusui adalah konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika Anda memiliki kendala seputar menyusui, jangan sungkan untuk berbagai masalah Anda dengan orang terdekat maupun dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *