TPA ? Siapa takut!

Mungkin kali ini aku ingin berbagi soal tes TPA yang pernah aku ikuti. Untuk beberapa adik adik SMA mungkin tes TPA menjadi suatu hal yang masih awam dan belum banyak yang mengenal apa itu tes TPA. Tes TPA adalah salah satu tes yang menguji potensi diluar akademik. Biasanya tes TPA ini bisa kita temukan salah satunya adalah di soal SBMPTN, dalam soal SBMPTN bukan hanya materi seperti matematika, sejarah, biologi saja yang diujiankan, melainkan ada satu hal lagi yang diujiankan yaitu Potensi diluar akademik.

Tes TPA ini tidak sulit, hanya saja membutuhkan konsentrasi khusus dan waktu lebih untuk mempersiapkan ujian TPA sebaik-baiknya dengan persiapan yang lebih ekstra dan lebih matang. Selain itu soal-soal TPA akan terasa mudah jika sering berlatih di rumah, berlatihnya dengan apa? Dengan bangak mengerjakan soal TPA dari buku-buku latihan atau dari internet.

Tapi dulu aku bukan hanya mengerjakan soal-soal dari buku dan internet, melainkan juga dari sebuah aplikasi yang bernama Ruangguru. Mungkin bagi sebagian orang aplikasi ini masih awam. Padahal sebenarnya aplikasi ini adalah aplikasi ajaib dengan segala fitur yang dimilikinya. Misal Ruangbelajar, Ruangbelajar adalah bimbel online. Di dalam Ruangbelajar terdapat banyak materi yang mungkin kita tidak perlu lagi ribet-ribet untuk cari di internet dari satu website ke website lain, berikut beberapa hal yang kita dapatkan dari Ruangbelajar untuk tes TPA:

Soal dapat didownload, Selain bisa dikerjakan di aplikasinya atau websitenya langsung atau hanya menunpang dengan brand lain. Download soal TPA sangat mudah di Ruangbelajar. Karena memang fitur download ini disediakan oleh Ruangbelar. Download soal TPA berguna jika kita ingin mengerjakan dan berlatih sesering mungkin.

  • Setelah mengerjakan hasil langsung dapat dilihat, ini dia keajaiban lainnya dari Ruangbelajar. Jika kita sudah mengerjakan soal TPA di Ruangguru maka setelah selesa mengerjakan hasil dan pembahasannya bisa lansung dilihat dan dijadikan referensi kesalahan apa yang masih salah atau persiapan soal-soal berikutnya.
  • Pembahasan soal yang mendukung, selain di Ruangguru bisa download soal TPA, di Ruangguru juga memiliki pembahasan soal yang sudah kita kerjakan dengan rinci dan cukup jelas. Pembahasan soal ini juga bisa di download untuk dilihat ketika aku sudah selesai.

Aku juga tidak pernah menyangka awalnya akan belajar untuk tes TPA melalui aplikasi online seperti Ruangguru. Ternyata dengan sistem online seperti ini malah membuat kita lebih semangat belajar karena jika belajarnya hanya melalui ponsel maka kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja.

Maka saat ini adik adik tidak perlu lagi menyepelekan tes TPA atau bahkan sebaliknya terlalu memikirkan TPA. Cukup belajar melalui Ruangguru maka, semua materi akan bisa dilalui dengan baik. Satu lagi, bukan hanya bisa download soal TPA saja melainkan juga bisa download soal-soal mata pelajaran lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *