Review Perbandingan Aplikasi Cicilan Kredivo vs AwanTunai

Kalo dibandingin dengan aplikasi pinjaman online, aplikasi fintech yang menawarkan layanan cicilan tanpa kartu kredit jumlahnya lebih sedikit dan terbatas. Dua di antara opsi tersebut, yang sudah terdaftar di OJK ada Kredivo dan AwanTunai. 

Sama dengan kartu kredit, popularitas cicilan tanpa kartu kredit belakangan juga semakin menanjak karena bisa digunakan di berbagai jenis merchant. Bukan cuma yang online seperti e-commerce, tapi bisa juga di beragam merchant offline. Selain itu, penggunaannya tidak terbatas pada gadget aja, bisa juga digunakan untuk barang, produk, atau layanan lainnya sesuai dengan jenis merchant yang menjadi mitra. 

Bicara soal kredit, kurang afdol tentunya tanpa membandingkan antara fasilitas satu dan yang lain. Dari beberapa opsi yang tersedia, kita pastinya bakal penasaran dong yang mana ya layanan kredit yang terbaik dan pas buat kantong kita? Maka dari itu, yuk kita review Kredivo dan AwanTunai sebagai fintech yang menyediakan layanan ini. Apa saja perbedaannya?

Perbedaan Layanan Cicilan di Kredivo vs AwanTunai

Lebih dari sekadar cicilan tanpa kartu kredit, Kredivo merupakan layanan kredit online yang menyediakan tiga opsi kredit. Pertama, pay later untuk pembayaran 30 hari tanpa bunga. Kedua, cicilan dengan tenor 3/6/12 bulan yang suku bunganya hanya 2,6% per bulan tanpa DP dengan minimum transaksi hanya 500 ribu. Ketiga, pinjaman tunai online mulai dari 500 ribu dengan tenor 1/3/6 bulan. 

Lain Kredivo, lain juga AwanTunai. Di mana fintech yang memiliki tagline “Solusi Terjangkau untuk UMKM Semakin Modern” ini menawarkan solusi bagi kebutuhan bisnis, terutama untuk grosir dan warung dalam bentuk pinjaman atau talangan modal usaha. Ada produk AwanGrosir yang menyediakan berbagai produk untuk modal usaha dan operasional toko. Ada juga produk AwanToko bagi pengusaha yang ingin melakukan pembelian barang di toko yang menjadi mitra AwanTunai. 

Perbedaan Limit, Bunga, dan Tenor Cicilan di Kredivo vs AwanTunai

Di Kredivo, jika kamu mendaftar sebagai akun Premium, kamu berpeluang mendapatkan limit kredit maksimal s.d Rp 30 juta. Limit yang bentuknya nontunai ini bisa digunakan untuk bertransaksi di 1000+ merchant rekanan Kredivo. 

Misalnya, berbagai e-commerce populer seperti Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan Tokopedia. Bisa pilih metode bayar dalam 30 hari maupun cicilan tenor s.d 12 bulan. Untuk cicilan tenor, minimum pembelanjaannya hanya Rp 500 ribu. Untuk bunganya, Kredivo hanya mematok 2,6% per bulan. Di mana suku bunga ini lebih rendah dibanding fintech sejenisnya. 

Di AwanTunai, layanan kredit online atau cicilan tanpa kartu kredit khususnya untuk HP, pernah menjadi salah satu produknya. Tapi kini, berdasarkan informasi yang tertera di website dan aplikasi AwanTunai, sepertinya layanan tersebut tidak lagi tersedia. AwanTunai lebih berfokus pada produk AwanGrosir, AwanToko, dan AwanTempo khusus bagi UMKM. AwanTempo sendiri adalah layanan pembiayaan dalam bentuk barang yang memungkinkan pemilik tokokelontong untuk belanja secara tempo di agen grosir yang sudah bermitra dengan Awan Tunai. Khususnya di wilayah Jabodetabek, Serang, Sukabumi, Jawa Timur dan Bali. 

Perbedaan Syarat Daftar Cicilan di Kredivo vs AwanTunai

Karena target marketnya sudah jauh berbeda, syarat daftar Kredivo dan AwanTunai juga berbeda. Di Kredivo, untuk mendaftar akun dan mengajukan kredit, kamu hanya perlu memenuhi 3 syarat berikut: 

  1. Berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

Sementara di AwanTunai, syarat pendaftaran akan berbeda sesuai dengan jenis produk dan layanan yang dipilih. Tentunya lebih detail dibanding Kredivo karena AwanTunai menyasar pengusaha dan UMKM. Syarat seperti minimal omzet, NPWP, hingga tabungan adalah tiga yang wajib dipenuhi. 

Perbedaan Cara Daftar Kredivo vs AwanTunai

Yang perlu kamu lakukan jika tertarik daftar Kredivo adalah mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Pilih daftar sebagai akun Premium, lalu ikuti langkah-langkahnya. Mulai dari mengisi data diri, foto selfie, hingga mengunggah berbagai dokumen yang dibutuhkan seperti foto KTP dan NPWP. Selanjutnya, tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu 1 x 24 jam. 

Serupa tapi tak sama, layanan AwanTunai juga tersedia lewat platform aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store. Selain itu, kamu juga bisa mengakses situs resmi AwanTunai untuk melakukan pendaftaran dan melihat berbagai informasi penting lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *