Panduan Singkat dalam sebuah Fotografi studio

Kebanyakan fotografer bermimpi memiliki sewa studio jakarta mereka sendiri. Namun dalam banyak kasus, mereka juga sering terintimidasi oleh logistik dan biaya.

Panduan singkat dari kami akan membantu Anda menavigasi fotografi studio tanpa membuat Anda kewalahan.

Berikut daftar alat yang Anda butuhkan dan beberapa tip untuk menyiapkan ruang studio Anda!

Ruang Ideal untuk Fotografi Studio

Orang sering membayangkan studio foto sebagai ruang besar lengkap dengan cyclorama dan segala macam perlengkapannya. Namun sebenarnya, Anda tidak selalu membutuhkan tempat yang luas untuk mengambil foto studio. Itu semua tergantung pada jenis fotografi apa yang ingin Anda bidik.

Misalnya, jika Anda hanya melakukan kecantikan dan headshots, sebuah studio berukuran kamar tidur seluas 250 kaki persegi sudah cukup. Tentu saja, jika Anda melakukan bidikan seluruh tubuh, Anda perlu memiliki banyak ruang untuk latar belakang yang besar sebagai lampu Anda. Dalam kebanyakan kasus, ruang sebesar garasi dua mobil sudah cukup.

Saat mencari ruang untuk fotografi studio, pertimbangkan juga jumlah jendela di properti. Jika Anda seorang fotografer cahaya alami, Anda memerlukan banyak jendela. Namun jika Anda ingin menggunakan pencahayaan buatan secara eksklusif, akan lebih baik untuk memiliki tempat tanpa jendela sama sekali untuk menghindari lampu jendela mengganggu lampu Anda.

Pada kenyataannya, sebagian besar fotografer menggunakan pencahayaan jendela dan pencahayaan buatan. Jika itu yang terjadi pada Anda, carilah ruang yang memungkinkan Anda memblokir jendela saat Anda tidak membutuhkan cahaya sekitar.

Sumber cahaya

Saat memulai studio fotografi Anda, pertimbangkan jenis pencahayaan yang perlu Anda gunakan. Apakah Anda sering bekerja dengan cahaya alami, fotografi flash, atau keduanya?

Jika Anda seorang fotografer cahaya alami, maka Anda perlu memiliki banyak jendela. Dengan begitu, Anda memiliki banyak cahaya yang tersedia sepanjang hari.

Untuk fotografi flash, seringkali ideal untuk memiliki studio fotografi tanpa jendela. Dengan begitu, Anda tidak perlu berurusan dengan sinar matahari yang mengganggu pengaturan pencahayaan Anda.

Dan bagaimana jika Anda suka memadukan lampu alami dan buatan? Maka Anda perlu memiliki cara untuk memblokir jendela saat Anda tidak membutuhkan cahaya sekitar.

Jika Anda ingin memotret hanya dengan cahaya sekitar di studio fotografi Anda, maka reflektor atau V-flat adalah semua yang Anda butuhkan. Seperti namanya, reflektor memantulkan kembali cahaya dari jendela kembali ke subjek Anda. Dengan begitu, Anda tidak memiliki gambar yang kontras dengan bayangan yang dalam. Ada banyak pilihan untuk lampu buatan. Sebagian besar tergantung pada anggaran Anda dan ukuran studio foto Anda. Kami akan membahas pilihan Anda di bawah ini.

Lampu LED

Jika Anda ingin beralih dari cahaya sekitar ke lampu buatan, LED adalah pilihan terbaik untuk Anda. Anda dapat menganggapnya sebagai bola lampu biasa dengan peredup. Tidak seperti lampu kilat, Anda dapat melihat bagaimana cahaya memengaruhi subjek secara waktu nyata.

Sekarang ini, lampu LED murah. Anda dapat membeli lampu tingkat studio dengan harga kurang dari 200 dolar AS. Namun perlu diingat bahwa semakin tinggi watt dan keluaran cahayanya, semakin mahal harganya.

Salah satu kelemahan menggunakan lampu LED adalah tidak seterang lampu kilat. Bahkan ketika LED berada pada daya penuh, Anda mungkin masih harus menggunakan ISO tinggi? (Dan Mengapa Penting dalam Fotografi!) ISO untuk memastikan Anda mendapatkan gambar yang terekspos dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.