Memilih Bibit Tanaman? Dapatkan di BudidayaBibit.com Dijamin Berkualitas!

Memilih bibit tumbuhan buah adalah salah satu hal yang sangat urgen dalam menentukan sukses tidaknya budidaya tumbuhan buah itu sendiri. urusan ini lumayan sulit untuk sebagian orang sebab seringkali pengetahuan dan informasi yang dipunyai terbatas perihal jenis-jenis bibit tersebut. Keterbatasan pengetahuan dan informasi pada akhirnya menciptakan orang menjadi ragu untuk melakukan pembelian bibit tumbuhan buah yang bakal mereka tanam di tempat distributor bibit.

Kualitas bibit tumbuhan buah paling menilai keberhasilan dari sebuah budidaya, tiap jenis bibit tumbuhan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sebab bibit buah yang berbobot bagus bakal menghasilkan tumbuhan yang berkualitas dan mempunyai nilai jual yang paling tinggi. maka dari itu, pemilihan bibit buah berbobot sangat urgen untuk kita terapkan.

Ketika kita bakal menilai jenis bibit yang bakal kita pakai untuk budidaya tumbuhan buah, ada sejumlah hal yang butuh kita simak untuk memahami jenis bibit tumbuhan buah yang sehat atau mempunyai kualitas unggul antara lain: bibit buah mempunyai batang yang kokoh dan kuat, berbatang mulus, mempunyai percabangan yang banyak, daunnya juga tumbuh dengan segar, tidak terdapat yang layu, dan tidak terserang hama.

Ada sejumlah kiat dalam pemilihan atau pembelian bibit yang mesti diacuhkan baik itu hal teknis maupun hal non teknis seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Hasil gambar untuk site:budidayabibit.com

1. Daun

Parameter kesatu yang butuh Anda lihat pada bibit yang baik ialah warna daun yang hijau cerah, atau pucuknya berwarna hijau/merah muda. Jika tumbuhan sedang berproduksi, daunnya juga tetap menunjukkan warna hijau tua yang estetis mengkilat. Bandingkan pun ukuran daunnya terlihat besar atau malah mengecil. Lihat apakah terdapat bekas serangan hama atau penyakit. Curigai bilamana ada daun yang menggulung (keriting).

2. Batang

Pada batang, lihat dulu bekas sambungannya. Apabila terdapat benjolan berarti terdapat ketidakcocokan antara batang bawah dan atas. Batang atas juga harus tegak menuju atas. Batang jangan bengkok atau merunduk ke bawah. Bagi tabulampot yang telah besar yakni dengan elevasi sekitar 1 meter pilihlah bibit yang telah ada percabangannya.

Lihatlah adakah jamur yang menempel, berbentuk bulatan-bulatan putih? Apakah terdapat bekas sayatan atau bekas penggerek batang? Kalau ada tidak boleh dipilih! Batang yang bagus yakni batang lurus, kulit batang terang beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan serta bentuknya proposional atas bawahnya.

3. Akar

Setelah unsur atas selesai, kita lihat media tanamannya. Apakah campurannya? Poros apa tidak? Cobalah dibongkar/keduk sedikit, dan lihat adakah akar-akar serabutnya. Bibit yang subur sarat dengan akar serabut dan seringkali akar telah sampai ke tepian polybag atau sudah menjebol polybag, dan ujung akar terlihat putih.

4. Buah

Apabila bibit tanaman telah berbuah, dan ini tidak jarang terjadi pada tumbuhan buah tertentu yang gampang berbuah, yang mesti diperhatikan ialah apakah daunnya rontok? Bentuk buahnya juga harus sempurna, tidak berulat, proporsional, tidak mengecil, warna kulit buah terang, dan seringkali berminyak, atau terdapat bubuk putihnya.

Tips Memilih Bibit Tanaman Buah guna Tabulampot

Hasil gambar untuk site:budidayabibit.com
  • Caranya pilih bibit dari okulasi atau cangkok yang berasal dari indukan yang berbobot dan telah berbuah. Jika bibit lama sekali tidak segera berbuah barangkali tanaman itu tidak berbuah sama sekali.
  • Mengetahui jenis pohon guna dataran tinggi atau dataran rendah. Contoh andai Anda menempatkan pohon tumbuhan apel atau stawbery di jakarta hingga kapanpun tumbuhan tersebut akan susah berbuah.
  • Pilih bibit yang sudah berbuah. Hal ini sebab tanaman akan berkesempatan besar guna berbuah di tabulampot. Namun andai Anda memilih tumbuhan yang terlampau rimbun atau subur bisa jadi besar bibit mengambil mata tunas dari tunas air guna okulasi. Tunas air maksudnya tangkai yang memungut makanan lebih banyak dari tangkai yang lain. Jika demikian, maka tanaman pun tidak bakal berubah.
  • Jangan memilih akar yang telah tembus ke tanah. Hal ini dapat berdampak jika kita mengalihkan tanaman ke dalam pot bibit bakal stres bahkan mati. Namun andai sudah terlanjur terjadi biarakan tumbuhan di polybag sekitar seminggu dan tempatkan di lokasi yang teduh.

Untuk mendapatkan bibit tanaman yang berkualitas bisa hubungi budidayabibit.com

☎ 0812 3241 2221

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *