Ini Dia Beberapa Pernyataan Kepala BPOM Tentang Susu Kental Manis

Susu kental manis (ilustrasi)

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM terkait dengan isu Susu Kental Manis menegaskan jika produk susu tersebut mengandung susu dan termasuk kedalam kategori susu. Hal ini pun sudah tercantum didalam Peraturan Kepala (Perka) BPOM 21/2016 yang menyebutkan jika produk susu ini subkategori Susu Kental yang termasuk kedalam karegori susu. Penny Lukito selaku kepala BPOM mengatakan jika ini sesuai dengan keamanan pangan internasional atau codex, dimana produk ini mengandung susu. Apakah susu kental manis sehat? Berikut Kepala BPOM tentang Susu Kental Manis diantaranya yaitu :

  • Menurut Perry didalam produk itu sudah jelas jika produk susu ini mengandung susu yang digunakan sebagai pelengkap sajian. Meski produk ini mengandung susu tetapi produk ini bukanlah produk susu yang akan menggantikan kebutuhan akan gizi ataupun sebagai pengganti ASI atau air susu ibu. Susu ini juga tidak diperuntukkan untuk semua kalangan karena bayi dan balita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi produk susu ini. Produk kental manis menurut Perry bukan susu sebagai pemenuhan kebutuhan bayi dan balita. Apalagi untuk bayi dibawah 12 bulan sangat dilarang keras diberi susu ini.
  • Polemik dari produk susu yang beredar ditengah masyarakat pada dasarnya terletak kepada permasalahan iklan dan juga label. Produk susu ini sendiri memang tidak berbahaya tetapi pemeriksaan post marketnya setelah produk ini diluncurkan dipasaran. Ditemukan adanya permasalahan pada beberapa iklan dan label oleh BPOM. Pada iklan tersebut adanya persepsi yang salah yaitu dimana didalam iklan itu dikatakan jika produk susu ini sangat baik bagi pertumbuhan. Ada yang salah didalam visualisasinya padahal produk susu ini bukan sebagai susu pengganti untuk pemenuhan kebutuhan gizi.
  • Produk susu ini memang penting untuk disosialisasikan karena banyaknya persepsi ditengah masyarakat yang keliru didalam mengkonsumsi produk susu ini. Produk susu ini tidak dilarang tetapi didalam mengkonsumsinya harus bijak.

Itulah beberapa pernyataan Kepala BPOM tentang Susu Kental Manis. Tanggapan lain juga diberikan oleh Adhi Lukman selaku Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman seluruh Indonesia yang mengatakan jika pihaknya akan meregulasi iklan dan label, yang sekarang ini sedang dalam proses penyempurnaan. Intinya Perry menegaskan jika susu yang kental manis merupakan produk susu yang aman untuk dikonsumsi. Tetapi yang harus diperhatikan adalah tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena produk susu ini kandungan gulanya sangat tinggi jika dibandingkan dengan kandungan proteinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *