Hati-Hati Dengan Penjual Mobil Bekas Yang Curang

Ada saja yang dilakukan oleh penjual agar mobil bekas mereka bisa laku dengan harga yang tinggi. Jika mobil diperbaiki sehingga tampilannya bagus dan performanya lebih baik, tentu Anda sebagai pembeli akan sangat senang. Sayangnya, kebanyakan yang sebaliknya. Penjual berbuat curang demi menaikkan harga mobil bekas yang mereka jual. Itulah mengapa Anda sebaiknya memilih tempat yang jual beli mobil bekas terpercaya.

Dari beberapa kasus yang terjadi, banyak penjual yang melakukan kecurangan berupa merubah kilometer. Pasalnya, jika kilometer masih sangat rendah, harga mobil bekas bisa menjadi sangat tinggi. Hal ini lantaran mobil dianggap jarang dipakai dan masih dalam kondisi yang bagus. Padahal, pada kenyataannya, kilometernya sudah sangat panjang.

Hasil gambar untuk site:caroline-id.com

Untuk mobil yang ondometernya menggunakan digital, tentu sulit bagi penjual untuk melakukan kecurangan tersebut. Lain hal jika ondometer masih menggunakan yang lama. Dengan sedikit pengetahuan mengenai otomotif, seseorang bisa mengubah angka ondometer tersebut.

Untuk mobil dengan ondometer digital, ini lebih sulit. Dibutuhkan keahlian khusus. Bahkan, sekarang sudah ada software yang bisa digunakan untuk mengubah angka ondometer tersebut.

Lalu, bagaimana Anda bisa tahu tidak dicurangi seperti itu? Sulit memang membedakan antara mobil yang apa adanya dengan mobil yang ondometernya diubah angkanya. Namun, setidaknya ada satu patokan, yaitu tahun pembuatan. Jika Anda merasa tidak wajar dengan tahun pembuatan tertentu kilometer sangat rendah, patut diduga onometer mobil tersebut sudah diubah.

Selain itu, cek juga kondisi mesin dan juga body mobil. Kondisi mesin dan body biasanya selaras dengan penggunaan. Jika ondometer tinggi, besar kemungkinan mesin sudah kurang bagus. Atau setidaknya cat body mobil sudah agak kusam lantaran sering digunakan di jalan raya.

Jika Anda tetap khawatir dicurangi penjual, ada baiknya Anda beli mobil di tempat jual beli mobil bekas terpercaya. Anda bisa membeli di showroom yang banyak pilihan mobil bekas atau showroom yang selalu ramai kedatangan calon pembeli. Biasanya, showroom tersebut sudah dipercaya banyak orang sehingga tidak salah jika Anda juga beli mobil bekas di tempat tersebut. Karena sudah terkenal, tidak mungkin pihak showroom melakukan satu kecurangan sekalipun. Karena hal tersebut bisa merusak nama baik showroom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *