Cara mudah membuat NPWP pribadi di zaman modern

BukuKas - Arti-15 Digit Angka pada Nomor NPWP

Cara membuat npwp online saat ini bisa menjadi langkah mudah untuk memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik. Nomor pokok wajib pajak atau NPWP merupakan nomor wajib yang diberikan pada wajib pajak. Nomor tersebut dijadikan sebagai sarana dalam administrasi perpajakan sebagai tanda pengenal diri peserta wajib pajak.

Npwp bisa dimiliki oleh warga negara baik untuk perusahaan atau untuk perorangan sebagai acuan untuk membayar pajak dan menjadi syarat dalam pelayanan umum. Namun sayangnya pada pembuatan npwp sering kali dianggap sebagai salah satu proses yang ribet dan sulit. Namun seiring dengan perkembangan zaman pembuatan npwp dapat dilakukan dengan mudah secara online.

Membuat NPWP Pribadi Secara Online

Jika sebelumnya  dianggap sebagai salah satu proses yang rumit, saat ini masyarakat bisa dengan mudah membuat NPWP pribadi secara online. Direktorat jenderal pajak telah memperkenalkan cara terbaru dalam pembuatan npwp yaitu dengan media internet. Untuk melakukan pekerjaan tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini.

  1. Pertama kunjungi situs pajak di alamat www.pajak.go.id untuk mengakses halaman pendaftaran online dari situs dirjen pajak. Pada halaman tersebut  kamu akan menjumpai menu sistem registration.
  2. Selanjutnya silahkan mendaftar untuk mendapatkan aku dengan cara mengklik daftar, kemudian isi data pendaftaran dengan benar mulai dari nama, password dan email dan lain sebagainya.
  3. Lakukan aktivasi akun dengan cara membuka kotak masuk dari email yang akan kamu gunakan untuk mendaftar npwp online. Setelah itu buka email yang dikirimkan dari dirjen pajak dan ikuti petunjuk dalam email tersebut untuk melakukan aktivasi.
  4. Dengan mengikuti petunjuk yang dikirimkan oleh dirjen pajak, kamu akan menjumpai laman isi formulir pendaftaran. Untuk melakukan langkah ini, kamu harus login ke sistem registration dengan cara memasukkan email dan pasword akun yang sebelumnya sudah kamu buat.Untuk mengisi cara kirim, kamu setelah juga bisa mengklik tautan yang dikirimkan melalui email aktivasi kedua dari dirjen pajak.
  5. Setelah login,  kamu akan menjumpai halaman registrasi data WP guna memulai pembuatan NPWP. Dalam tahap ini silahkan isi setiap data dengan benar pada laman formulir yang tersedia dan ikuti setiap tahapnya dengan teliti. Jika data telah diisi dengan benar, kamu akan mendapatkan surat keterangan terdaftar sementara.
  6. Kirim formulir pendaftaran dan cetak formulir registrasi wajib pajak dan SK terdaftar sementara. Jika sudah sampai tahap ini, silahkan menandatangani formulir yang sudah dicetak dan satukan dengan berkas yang sudah disiapkan.

Mudah kan? Membuat NPWP pribadi online dapat dilakukan dengan mudah dibandingkan dengan cara offline yang dilakukan pada zaman dahulu. Apalagi dengan adanya aplikasi Buku Kas membuat pembukuan dan  berbagai kebutuhan keuangan usaha menjadi lebih mudah.

Cara membuat npwp online juga bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu berbagai dokumen dan perlengkapan yang ribet. Jangan lupa juga kombinasikan dengan aplikasi BukuKas untuk pembukuan usaha dan sebagainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *