Cara Mengatasi Android Bootloop Dengan Mudah

Meskipun smartphone android menawarkan berbagai macam spesifikasi serta fitur yang canggih. Akan tetapi segala bentuk permasalah tetap saja bisa terjadi. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada smartphone android yang banyak membuat penggunanya mengeluh adalah masalah bootloop atau gagal booting. Di lihat dari kaca mata umum, bootloop terjadi karena adanya sebuah kerusakan pada sistem operasinya sehingga menyebabkan smarphone tidak bisa start up atau booting. Dengan begitu tidak bisa masuk ke menu utama home.

Bootloop menjadi permasalahan yang cukup sering terjadi bagi pengguna android, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya sebagai berikut :

  • Sistem operasi gagal ¬†saat mengupgrade
  • Kesalahan dalam penggunaan firmware android
  • Kesalahan kita dalam melakukan rooting

Meskipun berulang kali kita restart berulang kali, maka hanya akan ditampilan sebuah logo dari merk smartphone bersangkutan. Oleh karena itu, untuk memabantu teman-taman dalam mengatasi hal tersebut. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi android bootloop berdasarkan jenisnya.

  1. Android Light Bootloop

Light bootloop sendiri merupakan permasalahan bootloop yang dikategorikan ringan. Biasanya jenis ini terjadi karena penggunaan smartphone yang begitu lama untuk bermain game atau menonton video. Hal tersebut ditandai dengan smartphone secara tiba-tiba restart sendiri dan saat nyala tidak bisa masuk ke menu utama. Jika anda mengalami hal demikian maka anda bisa mengatasi dengan cara mematikan secara total smartphone, kemudian lepas baterainya beberapa saat selanjutnya pasang kembali dan coba anda hidupkan.

  1. Android Medium Bootloop

Faktor yang sering menyebabkan terjadinya medium bootloop adalah aktivitas pengguna yang terlalu sering mengotak-atik fitur android dengan masuk ke sistem recovery. Sistem revocery sendiri sangatlah penting, sehingga kesalahan sedikitpun bisa menyebakan sistem akan terganggu. Anda bisa mengatasi medium bootloop dengan cara yaitu backup terlebih dahlu data recovery pada sebuah laptop. Cara ini akan berjalan jika anda sebelumnya sudah bernah membackup data rom smartphone anda dengan komputer anda. Jika belum maka silahkan cari terlebih dahulu di google.

  1. Android Hard Bootloop

Ini dia jenis bootloop yang dikategorikan paling parah. Hard bootloop sering terjadi karena akibat kesalahan kita dalam mengganti stock rom, upgrade android yang gagal serta menginstal apk yang tidak benar. Jika sudah terjadi hard bootloop, maka smartphone anda tidak akan bisa masuk kemenu utama meskipun sudah berulang kali anda restart. Dan cara yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah cukup rumit dan terkadang hanya bisa dilakukan oleh service center. Oleh sebab itu untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, maka anda lebih baik menyerahkan kepada service center.

Dengan adanya artikel ini, semoga bisa membantu anda dalam mengambil tindakan sebagai cara mengatasi android bootloop pada smarphone anda. Semoga informasi ini berguna, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *