Busi Yamaha yang Bagus dan Paling Diminati

accesories detail

Busi merupakan suatu bagian dari motor yang memiliki fungsi sebagai pembakar campuran udara atau bahan bakar. Selain itu busi juga berfusngsi sebagai pelepas panas dari ruang pembakaran. Pada zaman sekarang tentunya anda akan kebingungan dengan fungsi dari busi yang ada pada motor anda. Banyak orang yang salah paham tentang arti busi itu sendiri.  Pastinya busi ini sangat memiliki peran penting terhadap kinerja mesin pada motor yang anda miliki. Selain itu busi juga berfungsi sebagai pelacak kerusakan pada mesin. Busi yamaha yang bagus tentu adalah busi yang bisa mengantarkan energi listrik yang nantinya mengubah bahan bakar yang ada pada motor menjadi tenaga untuk menggerakan mesinnya..

Kendaraan bermotor bisa bergerak jika ada energi listrik yang cukup jika ada proses pengapian, yang nantinya percikan api ini menjadi celah elektroda busi. Perlu diketahui juga bahwa busi ini tidak bisa menciptakan panas, melainkan hanya menghantarkan panas pada sistem pendingin. Karena fungsi busi itu sendiri adalah untukmelepas panas dari ruang pembakran.

Busi Precious Metal merupakan busi yang memiliki daya pengapian yang sangat baik. Busi ini meruupakan pengembangan teknologi dari NGk di beberapa tahun terkahir. Precious metal (Logam Mulia) dimanfaatkan oleh NGK sebagai elektroda bisa memiliki lebih banyak keunggulan dibanding dengan busi standard yang terbuat dari nickel. Keunggulan dari Busi Precious Metal ini antara lain adalah :

  1. Memiliki daya pengapian yang sangat tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan penggunaan ujung elektroda yang lebih halus dibandingkan dengan busi standar yang bertujuan untuk menciptakan percikan api yang lebih fokus demi pembakaran yang sempurna.
  2. Umur busi menjadi lebih tahan lama, yang tentunya ini bisa dicapai dengan memanfaatkan meterial elektroda yang berasal dari logam mulia yang mempunyai titik lebur yang sangat tinggi daripada bahan nickel yang digunakan pada busi yamaha standar.

Pada masa sekarang banyak perusahaan yang memproduksi busi dengan menggunakan bahan berikut ini agar bisa mencapai titik lebur yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan nickel:

  1. Iridium – 2410 derajat celcius
  2. Platinum – 1772 derajat celcius
  3. Nickel – 1453 derajat celcius

Maka dari itu penggunaan logam mulia atau precious metal sebagai bahan untuk membuat busi, maka bisa dipastikan bahwa bahan tersebut memiliki titik lebur yang sangat tinggi. Selain itu penggunaan iridium ini juga dapat memperkcil elektroda tengah menjadi 0,6 yang berfungsi untuk menyerap panas bunga api yang bisa mengurangi daya pengapian pada kendaraan bermotor.

Di Indonesia pada saat ini memiliki 2 jenis busi yang beredar di pasaran yang berbahan precious metal antara lain adalah busi G porwer yang memiliki material elektroda platinum dan juga busi iridium IX yang mengandung material elektroda iridium.

Jika anda menggunakan busi standard yang memiliki bahan material nickel maka itu tidak salah jika diterapkan pada mesin motor anda. hanya saja penggunaan busi motor dengan material elektroda nickel ini tidak memiliki umur yang panjang sehingga anda harus sering menggantinya.

Busi G Power merupakan busi yang mengandung material Platinum, busi degan material platinum ini tentu akan lebih baik lagi digunakan pada kendaraan anda dibandingkan dengan busi yang memiliki kandungan material nickel. Proses pengapiannya pun terbilang stabil karena memiliki titik lebur yang sama dnegan iridium.

Saran terbaik busi yamaha untuk motor anda adalah dengan menggunakan busi Iridium IX yang tentunya akan sangat menghemat bahan bakar kendaraan anda dan membuat kendaraan anda menjadi lebih mudah di stater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *