Berikut Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

5 Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Jerawat pada Kulit Remaja


Memang mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya itu membutuhkan usaha yang tidak mudah. Jerawat bisa muncul dan hilang hanya dalam beberapa hari saja, namun bekasnya bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan. Bekas jerawat ini biasanya berupa noda hitam atau luka yang cukup dalam. Tentunya hal ini bisa mempengaruhi penampilan anda. Nah, bagi anda yang memiliki masalah bekas jerawat yang membandel, berikut cara menghilangkan bekas jerawat secara alami:

  1. Masker Pisang Dan Bubuk Kunyit

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan masker pisang dan bubuk kunyit. Buah pisang kaya akan antioksidan, potasium, serta vitamin E. Sehingga buah pisang mempunyai banyak manfaat, yang salah satunya adalah dapat menjadikan kulit lebih cerah dan lembab. Selain itu juga, kandungan lektin di buah pisang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan untuk kunyit sendiri merupakan tanaman obat yang memang telah dipercaya dapat mengatasi beragam permasalahn kulit, seperti kulit kusam dan juga jerawat. Nah, berikut ini cara untuk membuat masker dari buah pisan dan bubuk kunyit :

  • Langkah pertama, haluskan satu buah pisang dan tambahkan setengan sendok makan soda kue, setangah makan bubuk kunyit. Kemudian aduk hingga tercampur dengan rata.
  • Cucilah wajah hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Lalu, oleskan masker ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Setelah itu, bilas masker dengan air sura-suran kuku (tanpa menggunakan sabun lagi). Lalu, keringkan dan aplikasikan pelembab setelahnya.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini maksimal senbanyak 2-3 kali seminggu untuk menghindarai wajah jadi terlalu kering.
  • Dengan Menggunakan Pepaya

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pepaya. Caranya adalah pertama-tama pepaya disiapkan secukupnya lalu diblender hingga halus. Lalu pepaya itu dioleskan pada area kulit yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu wajah dibilas hingga bersih.

2. Masker Madu

Madu memang sangat terkenal sebagai makanan/minuman yang banyak khasiatnya untuk kesehatan maupun kecantikan. Adapun khasiat madu untuk kecantikan salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas jerawat.  Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, yakni anda oleskan madu ke bekas jerawat di malam hari. Lalu tutup masker madu dengan menggunakan kasa, lalu biarkan meresap ke kulit semalaman. Kemudian bilas pada pagi harinya dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari.

3. Masker witch Hazel

Witch hazel ini merupakan salah satu cara alami terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat. Dimana, bahan alami yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit yang cenderung normal maupun sensitif. Selain itu, bahan alami ini juga bisa membantu mengendalikan peradangan serta mengurangi kemerahan. Bukan hanya itu, bahan alami ini bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit.

4. Menggunakan Daun Sirsak

Cara berikutnya untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan daun sirsak. Karena daun sirsak ini memiliki senyawa aktif yang bisa membunuh bakteri dan akan dapat memperbaiki sel kulit yang rusak tanpa akan merusak sel kulit yang sehat.

Adapun cara penggunaan daun sirsak untuk menghilangkan jerawat ini adalah pertama tama kulit wajah dibersihkan dengan air hangat. Lalu siapkan daun sirsak sebanyak 7 hingga 20 helai lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada area kulit yang berjerawat. Dan diamkan selama 10-15 menit  atau hingga mengering. Langkah terakhir wajah dibersihkan dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *