Berikut Cara Turun Kelas BPJS, Mudah!

Di saat BPJS naik kita perlu cara dalam rangka mengatur kembali keuangan kita agar tidak jebol, salah satunya adalah dengan menurunkan kelas BPJS. Yang paling penting kita tahu caranya melalui aplikasi cara menurunkan kelas di BPJS. Berikut kami sajikan caranya yang sangat mudah bagi Anda sekalian. Ada 7 Cara turun kelas BPJS sebagai berikut:

  • Download aplikasi

Langkah pertama yang dilakukan dalam upaya mengganti kelas dari level atas ke bawah dalam BPJS adalah anda harus punya handpone yang dapat mendownload aplikasinya, baik handphone Anda android atau apple.

  • Aplikasi yang didownload namanya Mobile JKN

Masuk ke menu Appstore, di situ pilih aplikasi yang namanya Mobile JKN, bagi yang menggunakan iOS atau google play Store.

  • Daftar Dulu

Setelah anda masuk anda wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Cari di situ bacaan dengan menu daftar. Mudah bukan

  • Aktivasi Akun

Setelah Anda klik daftar, anda cari lagi bacaan dan pilih menu aktivasi akun. Di dalam aktivasi akun ini ada sejumlah pertanyaan yang perlu anda jawab sesuai dengan data diri yang sebenarnya, tidak diperkenankan menggunakan data fiktif karena akan menjadi masalah di kemudian hari apabila Anda memerlukan perawatan dan perobatan yang membutuhkan kesesuaian data asli.

  • Klik Register

Setelah menyelesaikan semua data diri yang diisi, kemudian klik tombol register.

  • Masukkan kode Verifikasi

 Setelah itu akan ada verifikasi yang masuk ke emailmu, gunakan kode verifikasi yang masuk ke emailmu untuk mendaftarkan lebih lanjut. Apabila semua tahapan sudah selesai Anda dapat log-in pada akun yang sudah dibuat tersebut melalui aplikasi Mobile JKN. Pada bagian isi dari setelah login ada pilihan “Ubah Data Peserta”. Pilih opsi itu dan turunkan kelas sesuai dengan keinginan anda. Sampai di sini sudah dianggap selesai prosesnya. 

  • Telpon Call Center

Bagi yang merasa bahwa cara di atas masih saja belum bisa untuk merubah kelas,  tenang, anda cukup menelepon Call Center BPJS yakni di nomor 1500 400 atau dapat pula melalui telegram di 08118750400. Mudah bukan.

Demikian 7 Cara menggunakan online turun kelas BPJS. Langkah-langkah di atas sangat mudah dipraktikkan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *