Beberapa Cara Alami Mengobati Bisul Yang Baru Tumbuh Atau Belum Matang

7 Cara Mengobati Bisul Tanpa Harus Ke Dokter, Mudah & Sederhana

Pastinya siapa saja yang menderita bisul akan merasakan sakit dan ketidaknyamanan. Jika kondisinya seperti itu maka mau tidak mau kamu harus bersabar untuk menanti hingga bisul tersebut matang dan pecah serta mengeluarkan nanah, lalu kemudian akan tibanya kesembuhan. Tetapi kamu tidak boleh pasrah begitu saja, karena adanya obat alami yang dapat membuat bisul cepat matang sehingga akan cepatnya proses penyembuhannya. Yang perlu kamu ketahui adalah jika kemunculan bisul ini dikarenakan adanya infeksi bakteri yang terjadi pada folikel rambut atau akar. Jika tidak segera diobati maka bisul tersebut bisa tumbuh hingga sebesar bola tenis, dan biasanya area yang berada disekitar kulit juga akan kemerahan dan pada saat diraba akan terasa sakit. 

Seringkali terjadinya bisul ini muncul pada beberapa bagian seperti wajah, leher, ketiak, dan juga pantat. Pasalnya daerah daerah tersebutlah yang sering mengalami gesekan atau goresan yang akan membuat lebih mudahnya kuman atau bakteri masuk. Jika bisul yang kamu alami baru tumbuh atau belum matang, maka supaya bisul tersebut tidak terlalu besar, cepat matang, atau bahkan menghilang tanpa proses pematangan, maka adanya beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Berikut beberapa cara alami mengobati bisul yang baru tumbuh atau belum matang diantaranya yaitu :

  1. Mengompres Dengan Menggunakan Air Hangat

Dapat meningkatnya peredaran darah yang berada di area bisul sehingga akan lebih banyaknya sel darah putih dan antibody yang mengalir ke area bisul untuk melawan infeksi. Oleh karena itu supaya bisul tidak semakin besar dan cepat matang, maka kamu wajib mencoba meletakkan kompres yang hangat diatas bisul.

Caranya sangatlah mudah, kamu cukup menyediakan air hangat yang telah dibungkus plastik ataupun menggunakan handuk kompres air hangat. Sebaiknya kamu tetap menjaga suhu supaya tidak terlalu panas ataupun dingin. Terapkan kompresan tersebut pada bisul selama 20 menit sebanyak 3 hingga 4 kali didalam setiap harinya.

  • Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak yang satu ini tidak hanya ampuh dapat mengatasi jerawat saja, tetapi kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengatasi bisul. Semua itu dikarenakan adanya kandungan antibacterial dan antiseptik yang dapat melawan infeksi bakteri penyebab terjadinya bisul. Didalam mengaplikasikannya, obat bisul yang satu ini tidak boleh langsung dioleskan ke kulit karena dapat membuatnya terbakar. Cara tepat mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan minyak kelapa atau minyak zaitun sebanyak 1 sdt.

  • Menggunakan Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit merupakan rempah rempah yang dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul, karena memang bubuk kunyit tersebut bersifat antibakteri dan antiradang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan bubuk kunyit sebagai obat mengatasi bisul secara alami seperti :

  • Dengan cara mengkonsumsinya. Cobalah kamu didihkan bubuk kunyit sebanyak 1 sdt dengan air atau susu, kemudian setelah hangat, minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali didalam sehari.  
  • Dengan cara mengoleskannya. Cobalah kamu campurkan bubuk kunyit dengan air dan atau bubuk jahe lalu diaduk rata hingga berbentuk pasta. Setelah itu pasta tersebut dioleskan ke bisul setidaknya 2 kali didalam sehari.
  • Dan cara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi dan mengeloskennya.

Selain itu masih ada bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul seperti garam Epson, minyak kastor atau jarak, minyak mimba atau neem oil, dan salep antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *