Bahan-Bahan Alami untuk Mempercepat Kesembuhan Luka

Meski sudah berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, namun yang namanya musibah tentunya tidak pernah bisa diprediksi dan dihindari sebelumnya. Terlebih pada anak kecil yang sedang aktif-aktif nya bermain, tentunya kecelakaan kecil bisa terjadi sewaktu-waktu dalam aktivitas mereka. Nah, tak melulu menggunakan obat luka jatuh pada anak, ternyata bahan-bahan alami di bawah ini, juga bisa membantu mempercepat menyembuhkan luka loh. Apa sajakah itu ? berikut diantaranya :

  • Bawang Putih

Tahukah anda bahwa bumbu dapur yang satu ini, terbilang sangat efektif sekali untuk menyembuhkan luka. Meskipun baunya tidak banyak disukai banyak orang, namun sejatinya tidak ada salahnya juga untuk anda coba memanfaatkan bawang putih ini untuk menyembuhkan luka pada anda ataupun pada anak anda. Hal ini dikarenakan bawang putih ini sendiri mengandung antioksidan, antiinflamasi, juga antibakteri yang mana dengan kandungan tersebut, akan mempercepat matangnya kolagen di jaringan kulit. Selain itu, bawang putih juga merupakan antiseptik yang bisa mencegah infeksi pada luka.

  • Kunyit

Sudah tahukah Anda bahwa selain bawang putih, bumbu dapur yang satu ini juga cukup efektif untuk menyembuhkan luka. Ya, tentunya anda bisa memanfaatkan kunyit yang ada di dapur anda, untuk membuat luka menjadi cepat kering. Hal ini dikarenakan dalam kunyit, terdapat kandungan antiseptik serta anti peradangan yang cukup kuat. Anda bisa mengoleskan kunyit yang sudah dihaluskan di area yang terluka. Cukup mudah bukan ?

  • Madu

Untuk luka, madu ini sangat efektif dalam menyembuhkan luka terbakar atau teriris.  Pasalnya madu ini mempunyai sifat antibakteri yang bisa mencegah infeksi. Caranya pun terbilang sangat mudah, yakni anda hanya perlu mengoleskan bagian yang terluka dengan menggunakan madu ini. Dan tak hanya untuk luka saja, madu ini juga sejatinya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk cara konsumsinya yang lebih nikmat bisa dengan mencampurkan nya susu yang kaya akan kandungan kalsium.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka ringan. Untuk informasi seputar kesehatan lainnya, anda bisa mengakses situs https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka  ! Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *