7 Manfaat Konsumsi Jamur Tiram untuk Tubuh

Jamur | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Jamur tiram memang termasuk sebagai salah satu jenis menu makanan yang sering dihidangkan, baik sebagai masakan rumahan maupun camilan. Pasalnya jamur tiram bukan sekadar enak dan memiliki tekstur yang unik menyerupai daging, melainkan juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berperan penting sebagai sumber vitamin.

Sementara itu, jamur tiram pun termasuk sebagai salah satu jenis jamur yang paling terkenal. Makanya, tidak heran apabila jamur tiram bisa secara praktis kita dapatkan pada TaniHub yang merupakan platform sayur dan buah terbaik di Indonesia. apalagi, jamur tiram juga memiliki tekstur yang seperti daging ayam. Nah, jamur tiram pun dapat memberikan 7 manfaat kesehatan loh untuk kita. Yuk, simak lebih lengkapnya melalui penjelasan berikut ini!

1. Memiliki banyak nutrisi

Sebagai salah satu jenis makanan yang sering kita temukan, ternyata jamur tiram juga mengandung banyak nutrisi loh untuk tubuh kita. Beberapa diantaranya seperti vitamin, serat, maupun mineral. Bukan hanya itu saja, jamur tiram pun memiliki kandungan nutrisi tambahan berupa vitamin D dan selenium, meskipun jumlahnya memang lebih sedikit. Maka dari itu, tidak heran apabila jamur tiram sangat cocok dikonsumsi saat diet karbo karena jamur tiram mengandung karbohidrat yang rendah.

2. Memelihara kesehatan jantung

Sebagai salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, jamur tiram pun berhubungan dengan kesehatan jantung. Maka dari itu, kamu sangatlah disarankan untuk mempertimbangkan jamur tiram sebagai pilihan makanan yang kaya akan serat dan terasa lezat di lidah.

3. Meningkatkan imunitas pada tubuh

Berdasarkan sebuah studi, dijelaskan bahwa jamur tiram memiliki kandungan senyawa yang akan berperan sebagai immunomodulators. Jadi, immunomodulators ini berfungsi agar regulasi sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan secara efektif. Apalagi, jamur tiram sendiri memiliki khasiat untuk membuat sistem imun kita meningkat. Ketika kita memiliki sistem imun yang kuat, maka kita dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

4. Menekan risiko penyebaran kanker

Jamur tiram diindikasikan dapat melawan sel kanker. Pasalnya, konsumsi jamur tiram akan dapat mengurangi jumlah pertumbuhan serta penyebaran pada sel kanker payudara maupun sel kanker usus besar. Akan tetapi, tentu saja hal ini akan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Membuat metabolisme meningkat

Sebagai salah satu jenis makanan yang kerap kita konsumsi. jamur tiram ternyata berperan penting loh untuk mengatasi obesitas. Hal ini bisa terlihat apabila jamur tiram dikonsumsi secara rutin. Nantinya, jamur tiram akan secara efektif dapat mengatasi sindrom metabolik yang salah satunya berupa obesitas.

6. Menjadi sumber antioksidan

Antioksidan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Melalui antioksidan, maka imunitas tubuh kita dapat meningkat. Bukan hanya itu saja, kulit kita pun bisa terhindar dari penuaan. Kemudian, sel-sel pada tubuh kita bisa terhindar dari paparan radikal bebas yang memberikan dampak negatif untuk tubuh. Karena seperti yang kita ketahui bersama, radikal bebas dapat memicu terjadinya kanker maupun gangguan jantung. Nah, jamur tiram memiliki kandungan antioksidan untuk mencegahnya.

7. Membuat tulang menjadi kuat dan sehat

Karena memiliki kandungan magnesium dan vitamin D, jamur tiram dapat kita andalkan untuk membantu kita meningkatkan kesehatan tulang. Dikarenakan adanya magnesium maupun vitamin D, maka kita dapat memproses kalsium sehingga tulang kita nantinya bisa menjadi kuat dan padat. Makanya, tidak heran apabila kita dapat menghindari risiko terkena osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *