5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Masalah Pendengaran

Alat Bantu Dengar: COMPLETELY IN CANAL

Menurut catatan dari WHO pada tahun 2012, setidaknya ada sekitar 360 juta orang di dunia yang mengalami masalah dengan pendengaran. Sebenarnya masalah kesehatan yang satu ini bukanlah hal yang baru terjadi. Melainkan cukup sering dan banyak yang mengalaminya, mulai dari anak-anak, dewasa hingga yang paling banyak adalah orang lanjut usia, karena faktor usia tersebutlah kemampuan telinga dalam mendengarkan suara menjadi turun.

Pendengaran menurun ini sebenarnya bisa terjadi secara bertahap, namun juga ada yang sifatnya adalah drastis. Tiba-tiba langsung tidak dapat mendengarkan apapun. Jika sudah semacam ini maka Anda harus mencari tahu apa saja faktor penyebabnya sebelum melakukan pengobatan. Gangguan pendengaran sendiri sebenarnya dapat diobati dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

  1. Membersihkan telinga, menjaga kebersihan telinga adalah hal yang wajib dilakukan, namun luput bagi sebagian orang. Karena kotoran yang menyumbat telinga, nantinya akan menghalangi suara untuk bisa sampai ke gendang telinga, sehingga membuat seseorang tidak mampu mendengarkan secara jelas.
  2. Menggunakan alat bantu dengar, ini adalah solusi bagi mereka yang mengalami tuli disebabkan oleh faktor usia, dimana memang kemampuan mendengarkan tidak bisa kembali sebagaimana masih muda, sehingga harus di terapi atau dibantu memakai alat yang satu ini. cara kerja alat bantu dengar tersebut sangat sederhana dan juga mudah untuk digunakan.
  3. Pembedahan, jika seandainya kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi yang kambuh di bagian telinga tengah, maka mau tak mau harus dilakukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan cairan yang menyumbat telinga bagian tengah.
  4. Implan koklea, dilakukan dengan memakai alat bantu dengar yang nantinya ditanamkan di bawah kulit pada bagian belakang telinga.
  5. Belajar bahasa isyarat, jika semua hal tersebut sudah tidak bisa dilakukan, artinya seseorang tersebut telah mengalami masalah pendengaran yang sifatnya berat atau permanen, mau tidak mau agar tetap bisa berkomunikasi, maka harus belajar bahasa isyarat.

Guna mendapatkan alat bantu dengar ini sekarang bisa dijumpai dengan mudah di pasaran, diantaranya di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *