5 Cara Membedakan Kopi Luwak Palsu

Anda pasti sudah familiar dengan istilah kopi luwak. Jenis kopi yang satu ini punya banyak kelebihan, sehingga harganya selangit. Proses pengolahannya yang dimulai dengan pemisahan biji kopi dari kotoran luwak membutuhkan waktu lama, sehingga tak mungkin dijual murah. Cita rasa nikmat serta aroma sedapnya yang kuat juga menjadikannya istimewa.

Dengan segenap kelebihannya itu, tentu saja pantas bahwa harga kopi luwak sangat tinggi. Hal ini bertolak belakang dengan harga kopi luwak instan yang murah. Kopi luwak asli dan murni pasti harganya mahal. Jika Anda menemukan kopi luwak murah, maka bukanlah kopi luwak murni. Untuk membedakan kopi luwak palsu, gunakan 5 aspek pembeda ini.

  1. Dari Aromanya

Kopi luwak terkenal dengan aromanya yang sedap dan kuat. Apabila aromanya kuat, maka bisa dipastikan bahwa kopi luwak tersebut asli. Kekuatan aroma tersebut sudah bisa dideteksi ketika masih dalam proses pengolahan (roaster) ataupun ketika sudah diseduh.

Saat diolah, kopi luwak asli mengeluarkan aroma wangi seperti pandan dan menyebar dalam jangkauan luas. Berbeda halnya dengan aroma kopi luwak palsu yang tidak kuat dan sebaran wanginya hanya sekitar radius 10-20 meter.

  1. Kopi Luwak Asli Tidak Berbentuk Kopi Instan

Harga kopi luwak asli yang selangit, tentu tidak menyediakan kopi berbentuk instan. Pada umumnya, kopi luwak asli dapat dinikmati dengan membelinya langsung dalam bentuk seduhan di kafe kopi.

Selain itu, kopi luwak asli juga tersedia dalam bentuk bubuk yang bisa diperoleh dalam bentuk satuan pon atau kilogram. Dengan demikian, kopi luwak yang instan bukanlah kopi luwak asli murni.

  1. Dari Seduhannya

Perbedaan selanjutnya antara kopi luwak asli dan palsu bisa dilihat dari seduhannya. Kopi luwak asli akan mengeluarkan krim putih pada permukaannya ketika diseduh. Krim putih tersebut menyerupai krim pada kopi espresso, namun jumlahnya lebih sedikit. Krim putih kopi luwak asli tersebut muncul karena saat di-grinder, biji kopi masih dibalut kulit arinya.

Berbeda dengan kopi luwak palsu, tidak akan muncul krim putih tersebut ketika diseduh. Kopi luwak palsu akan tampak seperti kopi biasa tanpa krim. Dengan perbedaan yang mencolok ini, tentu Anda bisa membedakannya dengan mudah.

  1. Dari Rasanya

Rasa merupakan indikator paling meyakinkan untuk membedakan antara kopi luwak asli dan palsu. Anda bisa membedakan cita rasanya dengan mudah karena memang berbeda. Kopi luwak asli punya rasa nikmat dan kuat, bahkan cita rasanya masih ada setelah kurang lebih 30 menit setelah meminumnya.

Berbeda dengan yang asli, kopi luwak campuran atau palsu punya rasa yang lemah, sehingga lebih mudah hilang dan kurang berkarakter. Rasanya tidak akan bertahan lama di mulut atau tenggorokan.

  1. Dari Green Bean-nya

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu bisa dilihat dari green bean-nya. Tampilan fisik biji kopi sebelum diolah menjadi bubuk bisa menjadi pembeda yang jelas. Green bean kopi luwak yang asli adalah berwarna hijau kekuning-kuningan, sedangkan green bean kopi biasa itu berwarna hijau tua.

Pada biji kopi luwak asli juga tidak terdapat mikro black spot sama sekali karena merupakan hasil seleksi luwak yang hanya memakan biji kopi terbaik. Jadi, perbedaan antara kopi luwak asli dan palsu sudah bisa dilihat dari karakteristik biji kopinya.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membedakan kopi luwak palsu. Kopi luwak yang asli harganya tinggi dan tidak ada kemasan instannya. Anda bisa menikmati kopi luwak aslinya dengan membeli kopi bubuk dengan berat dalam satuan pon atau kilogram. Karakteristik kopi luwak asli juga harus dipahami agar tidak salah dalam membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *