Tahap Pertumbuhan Janin Pada Trimester Ketiga Yang Harus Bunda Ketahui

Ingatlah 5 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil yang Gak Boleh Terlewatkan


Pada saat memasuki kehamilan trimester ketiga, itu artinya waktu persalinan akan semakin dekat. Dengan demikian, maka tak heran jika trimester ketiga ini merupakan momen yang paling mendebarkan bagi setiap para calon orangtua. Bagaimana tidak! sebab sebentar lagi mereka akan segera dikaruniai seorang anak. Pada trimester ketiga ini, bunda sudah dapat mengenali wajah bayi yang ada dalam kandungan lho. Sebab, salah satu pertumbuhan janin yang terjadi pada trimester ketiga ini adalah pada bagian wajahnya. Trimester tiga ini terdiri dari bulan ke 7, ke 8, dan ke 9. Lantas, seperti apakah tahap perkembangan pada setiap bulannya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasanya di bawah ini :

1. Perkembangan Janin Bulan ke 7

Memasuki bulan ke 7, maka perkembangan janin mulai terasa hidup. Soalnya, janin sudah dapat menangkap cahaya, mendengar suara, merasakan sakit, dan mengubah posisi tubuhnya. Pada tahapan ini, tubuh janin mulai berkembang serta sudah mampu untuk menyimpan lemak. Selain itu, organ pendengaran janin sudah semakin sempurna yang membuatnya menjadi lebih peka serta dapat mendengar suara dengan baik. Tak hanya itu saja, ukuran panjang janin sudah mencapai 36 – 42 cm dengan bobot sekitar 1.000 – 1.700 gram.

2. Perkembangan Janin Bulan ke 8

Pada bulan ke 8 ini, bisa dikatakan bahwa hampir semua bagian tubuh dan organ janin telah mengalami perkembangan dengan pesat. Kendati demikian, ada bagian tubuh yang masih belum mengalami perkembangan yang sempurna. Ya, salah satu bagian tubuh yang belum berkembang pada bulan ke 8 ini adalah organ paru-paru. Kondisi inilah yang kerap kali menimbulkan gangguan paru-paru dan pernafasan pada bayi yang baru lahir, atau sebelum waktunya lahir (disebut dengan prematur).

Terlepas dari hal itu, bagian otak bayi lebih condong berkembang dengan pesat ketimbang pada bulan-bulan sebelumnya. Dengan bertambahnya usia janin, cadangan lemak dalam tubuh pun akan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada usia bulan ke 8 ini, maka janin akan semakin aktif dalam bergerak. Oleh karena itu, maka jangan heran jika bunda merasakan seperti ada yang menendang-nendang di dalam perut. Tak hanya itu saja, semakin hari tendangan bayi dalam kandungan akan semakin lebih kuat dari sebelumnya. Sementara ukuran panjang janin mencapai 47 cm, dengan beratnya yang mencapai 2.600 gram.

3. Perkembangan Janin Bulan ke 9

Memasuki bulan ke 9, maka tubuh janin sudah berkembang lebih pesat lagi, baik pada bagian dalam maupun bagian luarnya. Bahkan, hampir semua bagian tubuh terutama mata dan telinganya yang sudah bisa berfungsi. Selain itu, janin juga akan lebih peka terhadap rangsangan yang diberikan, sedangkan organ paru-parunya sudah lebih baik dari sebelumnya. Pada bulan ke 9 ini, maka ukuran panjang janin sudah mencapai 46 -51 cm sedangkan beratnya mencapai 2,5 – 3,2 kg. Disamping itu, janin pun sudah siap untuk dilahirkan. Salah satu tandanya dimana posisi janin mulai berpindah dengan bagian kepala yang menghadap ke jalan lahir. Sangat penting bagi kita untuk terus memantau pertumbuhan janin mulai dari trimester pertama hingga ketiga.

Nah, itulah tahap pertumbuhan janin pada trimester ketiga yang harus bunda ketahui. Dengan demikian, bunda pun akan lebih siap saat menghadapi proses persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *