Perbandingan Pinjaman Online: Pilih Kredivo atau UKU?


https://lh4.googleusercontent.com/0fGJKwNzour6-z7fAaFs5_JnGV5uUFKv5PIqwCwLCi5zc14A15RMj4TgekS33yjkyG2cy8xaklqSJuXkpN5SuFZD-5SF08RRtacEnSFpXhMPOnFc5LRp78vbLbTlvVOxxZSCpBaS

Secara rutin, biasanya setiap bulan, OJK merilis daftar fintech dan aplikasi pinjaman online cepat cair terbaru yang sudah terdaftar dan memiliki izin pada situs resminya. Hal ini dilakukan salah satunya sebagai upaya himbauan kepada masyarakat agar hanya menggunakan aplikasi fintech atau layanan pinjaman online yang legal untuk menghindari berbagai risiko dan kerugian. 

Nah, dari sekian banyak daftar fintech dan aplikasi pinjaman online cepat cair terbaru yang terdaftar di OJK, hal yang wajar kalau kita mungkin bingung: pakai aplikasi yang mana ya yang paling bagus? Pinjaman online yang mana ya yang bunganya paling rendah tapi bisa cepat cair?

Nah, untuk membantu kalian yang punya pertanyaan sejenis di atas, maka dari itulah saya mau buat review perbandingan aplikasi pinjaman online legal yang bisa jadi opsi dan pertimbangan sebelum kalian pinjam uang. Sebab, terdaftar di OJK aja nggak cukup. Kalau mau dapat fintech pinjaman online yang punya limit besar, tenor variatif, dan suku bunganya oke, kita mesti riset dulu dan cari-cari infonya. 

Di ulasan kali ini dua fintech pinjaman online pilihan yang akan saya bandingkan adalah Kredivo dan UKU. Kenapa Kredivo dan UKU? Kalau berdasarkan riset saya di Google sih, kedua fintech ini udah lama ada dan cukup terkenal. Selain itu, rating aplikasinya di Google Play Store juga lumayan tinggi. Asumsi saya, berarti produknya cukup bagus dan memuaskan bagi banyak orang. Satu lagi, Kredivo dan UKU punya layanan dan fitur pinjaman yang cukup berbeda. Sebagai insight juga buat kalian semua kalau fintech itu nggak terbatas pada pinjaman online aja lho. 

Mengenal Kredivo dan UKU

Dari sisi definisi dan layanan yang ditawarkan, Kredivo nggak hanya terbatas pada pinjaman online. Melainkan juga merupakan fasilitas kredit online yang bisa digunakan untuk transaksi di berbagai merchant di Indonesia dengan dua opsi pembayaran: bayar dalam 30 hari tanpa bunga dan cicilan 3/6/12 bulan tanpa dp.

Sementara UKU adalah fintech pinjaman uang online tanpa jaminan dengan limit pinjaman maksimal sampai dengan Rp 5 juta. Bukan cuma menawarkan layanan pada mereka yang butuh pinjaman, UKU juga membuka peluang bagi orang-orang yang tertarik menjadi investor atau pendana dengan sistem imbal hasil. 

Sistem Pinjaman Online di Kredivo vs UKU

Dari definisi atas, selanjutnya yang akan saya bahas dan bandingkan secara spesifik supaya apple to apple adalah layanan pinjaman online dari Kredivo vs UKU. Sedikit tentang fasilitas kredit online dari Kredivo, yang menarik adalah Kredivo bisa dipakai di merchant dan e-commerce populer kayak Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, bahkan IKEA online, Electronic City, dan McDonalds. Bisa dibilang, kalau kita punya akun Kredivo dan limitnya, kita udah punya kartu kredit tapi berbasis online. Nggak perlu repot lagi deh apply kartu kredit ke bank. Limit dari Kredivo bahkan bisa sampai Rp 30 juta. Wow, kan?

Untuk pinjaman online cepat cair, Kredivo punya dua fitur: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Supaya bisa melihat dan menggunakan fitur ini, kita perlu punya akun premium dan limit Kredivo dulu. Caranya adalah dengan download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, lalu daftar. Lalu, apa bedanya antara pinjaman mini dan pinjaman jumbo?

Pinjaman mini adalah fitur untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah kecil dan tempo singkat, minimal 500 ribu. Sementara pinjaman jumbo adalah fitur untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah menengah hingga besar, minimal mulai dari Rp 1 juta ke atas sampai batas limit yang kita punya di Kredivo untuk tenor 6 bulan. Pengguna yang sudah punya limit Kredivo bisa menggunakan fitur pinjaman ini sewaktu-waktu jika dibutuhkan, selama limitnya mencukupi dan belum ada pinjaman yang diajukan sebelumnya.  

Di UKU, pengajuan pinjaman langsung dilakukan berbarengan dengan pendaftaran. Di aplikasi UKU, akan tampil kisaran nominal pinjaman minimum dan maksimum yang bisa kita ajukan sesuai kebutuhan. Setelah itu, lanjutkan proses pengajuan pinjaman dengan mengisi berbagai data diri yang dibutuhkan seperti KTP dan data diri pendukung lainnya. 

Tenor dan Tingkat Suku Bunga Kredivo vs UKU

Nah, ini adalah salah satu poin terpenting yang nggak boleh lewat dibandingkan untuk pinjaman online. Sebab, besar kecilnya angsuran dan total pinjaman yang dikembalikan akan sangat bergantung pada tingkat suku bunga dan tenor yang diambil. 

Di Kredivo, suku bunga pinjaman online hanya sebesar 2,6% per bulannya dengan pilihan tenor mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. 

Di UKU, suku bunga pinjaman onlinenya ditetapkan harian sebesar 0,035% per hari ditambah dengan adanya biaya jasa harian sebesar 0,25% yang perlu dibayarkan peminjam. Tenornya tersedia mulai 91 hari sampai 180 hari. 

Dari sini, terlihat jelas kalau Kredivo menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah dibandingkan UKU. Dari sisi tenor, baik Kredivo atau UKU sama-sama punya opsi yang variatif dan maksimal sampai 6 bulan. 

Yang Bisa Daftar dan Pinjam di Kredivo vs UKU

Setiap fintech, termasuk Kredivo dan UKU, pasti punya kriteria ideal yang harus dipenuhi oleh pendaftar atau peminjam. Buat daftar Kredivo, syarat utamanya ada tiga, yaitu: 

  1. Pendaftar adalah WNI yang berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Pendaftar memiliki penghasilan minimum per bulan sebesar Rp 3 juta. 
  3. Pendaftar berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Di UKU, syarat pendaftar minimal: 

  1. Berusia di atas 18 tahun.
  2. Punya KTP. 

Sejauh informasi yang saya cari, saya nggak menemukan lagi syarat detail untuk daftar dan pinjam dana di UKU. Hanya dua syarat tersebut di atas yang menurut saya sangat umum. Kalau menurut saya, di sini syarat daftar Kredivo lebih spesifik dibanding UKU yang lebih general.

Kredivo atau UKU: Mana yang Bakal Saya Pakai?

Dari perbandingan di atas, kalau saya pribadi cenderung lebih tertarik dengan Kredivo karena layanan kreditnya sangat variatif. Bisa dibilang, kalau daftar Kredivo bukan artinya kita pas lagi butuh pinjam uang atau harus ajukan pinjaman uang saat itu juga. Tapi, bisa daftar dulu dan digunakan sewaktu-waktu untuk kebutuhan terutama yang mendesak. Yang penting punya akun dan limit dulu. Walaupun belum butuh pinjaman, saya bisa pakai fitur transaksi yang lain di Kredivo misalnya buat belanja online di Tokopedia atau jajan di McDonalds. Hehe. 

Sementara di UKU, mungkin saya bisa download aplikasinya sekarang tapi fungsinya sudah jelas hanya satu: pengajuan pinjaman cepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *