Hitung BBI Dengan Rumus Berikut


Tubuh yang tergolong ideal menjadi keinginan banyak orang terutama para wanita. Dengan mempunyai tubuh yang ideal, maka tentu tampilan kita bisa semakin menarik lagi dibanding terlalu gemuk atau terlalu kurus.Masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas bagaimana rumus menghitung berat badan ideal. Kita semua lebih baik tahu rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal satu ini, kalau ingin mulai program diet.

Metode BMT

Memang ada beberapa rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal. Terdapat salah satu rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal yang patut Anda terapkan yaitu seperti metode BMT atau ‘Body Mass Index’. Sebagai metode yang efektif dan sudah sering dipercaya supaya bisa mengetahui bobot berat badan yang ideal, metode BMT ini direkomendasikan.

Selain itu, metode satu ini memiliki tingkat akurasi lebih tinggi jika dibandingkan rumus penghitungan bobot berat badan yang ideal yang lainnya. Rumus ini dikenal juga dengan rumus IMT atau ‘Indeks Masa Tubuh’ dalam versi Indonesia. Hasil hitung bobot berat badan yang ideal dengan IMT ini berada pada jarak atau rentang angka tertentu. Dengan begitu, maka membuat metode rumus satu ini dapat kita gunakan secara universal. Dengan begitu, tak hanya terbatas menghitung bobot berat badan yang ideal untuk postur tubuh yang tertentu saja.

IMT ini dihitung berdasar tinggi dan juga berat badan seseorang. Berikut ini contoh kasus penggunaan metode IMT untuk mengetahui bobot berat badan yang ideal agar Anda bisa lebih paham lagi.

IMT didapat dengan rumus BB/ ( TB x TB)

Keterangannya yaitu sebagai berikut, BB merupakan Berat Badan Anda dalam satuan Kilogram sedangkan TB adalah Tinggi badan Anda dalam satuan Meter. Untuk contoh kasusnya yaitu jika terdapat seseorang yang mempunyai berat badan 50 kg dengan tinggi badan orang tersebut 150 cm. Dengan perhitungan rumus IMT, maka didapat info bobot berat badan yang ideal yaitu sebagai berikut

IMT = 50/ ( 1,5 x 1,5 ) sehingga hasil bobot berat badan yang ideal orang tersebut yaitu 22,222.

Keterangan :

– Untuk IMT > 17, termasuk kategori kurus/ kurang berat badan tingkat tinggi

– Untuk IMT 17 – 18,4 termasuk kategori kurus/ kurang berat badan tingkat ringan

– Untuk IMT 18,5 – 25,0 termasuk kategori normal/ Berat Badan yang Ideal

– Untuk IMT 25,1 hingga 27 termasuk kategori gemuk/ berat badan berlebih tingkat ringan, sedangkan untuk IMT > 27 termasuk kategori obesitas/ berat badan berlebih tingkat tinggi.Selain dari rumus di atas, memang masih terdapat rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal lainnya.

Anda bisa memanfaatkan rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal di atas jika ingin mulai program diet. Itu saja ulasan sederhana mengenai rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal kali ini. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal ini supaya Anda bisa lebih puas jika ingin mulai program diet. Semoga artikel mengenai rumus jitu hitung info berat badan yang tergolong ideal ini bisa membantu Anda semua. Lebih baik untuk segera mendapatkan berat badan yang ideal, lebih baik Anda mulai menguruskan badan dari sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *